jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Selasa, 28 Januari 2014

ROTI UNYIL TANPA OVEN


roti unyil, siapa yg gak suka dengan roti oleh-oleh khas bogor ini? roti lembut dengan ukuran sekali hap! roti unyil bogor sangat bervariasi, salah satu favorit ku roti isi sosis. enaaaaaak..
bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena aku di beri kemampuan untuk membuat kue jadinya gak perlu jauh-jauh dan keluarin uang lebih kalo lagi pengen roti unyil ini, tinggal ke dapur, nguprek-nguprek jadi deh rotinya, bisa makan banyaaaaak sepuasnyaaaa sampe mendeeem hahaha.
roti ini sama aja kayak roti-roti besar lainnya, yang bikin beda cuma di ukurannya. inovatif banget yang sudah menciptakan roti mini ini, jempol deh.
roti sosis ini adalah roti kesukaan ku, kayaknya emang lebih enak roti-roti asin seperti ini deh di banding roti-roti manis yang bikin sakit gigi hehehe di roti unyil buatan ku ini aku menambahkan campuran saus cabe dan sedikit mayonnaise yang di aduk dengan garam dan gula bikin roti ini jadi tambah enyaaaaak pedes pedes gimanaaa gitu. bagi yang gak suka pedas bisa di ganti dengan campuran saus tomat dan mayonnaise, rasanya juga enak. resep ini aku dapat dari hasil browsing di google dan ketemu lah resepnya om Budi Sutomo ini rasanya yang paling pas menurutku.



sebenarnya aku sudah sering bikin roti unyil ini, hanya saja yang membedakan kali ini adalah sistem pemanggangannya, aku gak panggang pakai oven melainkan pakai Double Pan merek yang dari korea itu loh. haaah sempat khawatir rotinya gak bisa matang, secara kalo manggang roti harus dengan suhu yang tinggi, tapi ternyata aku berhasil yihaaaaa~ cuma memang tampilannya jadi gak secantik yang pakai oven, secara aku harus ngebolak balik rotinya juga biar matang merata. bisa jadi solusi alternatif untuk kalian yang belum punya oven tapi mau coba bikin roti. tapi inget apinya harus benar-benar keciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiil bangeeeeeet dan dijaga jangan sampai gosong.
gak usah panjang lebar lagi, ini dia resepnya.. satu resep ini jadi roti buanyaaak banget hehehe

ROTI UNYIL SOSIS
by Budi Sutomo modified by Yunita Widiyani

bahan-bahan:
1. 375gr tepung terigu protein tinggi
2. 100gr tepung terigu protein rendah
3. 130gr gula pasir
4. 3 kuning telur
5. 100gr mentega
6. 200ml air es
7. 30gr susu bubuk
8. 11gr ragi instant (1 sachet)
9. 1 sdt bread improver/pengempuk roti (aku gak pakai, gak punya)
10. 1sdt garam
11. 8 buah sosis. satu sosis dipotong dua kemudian di potong lagi jadi 4 bagian memanjang (total satu sosis jaadi 8 bagian memanjang)

saus: campur saus cabe, mayonnaise, sedikit garam, gula aduk rata. (saus sesuai selera aja, gak pakai juga gak papa)

cara membuat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambah kan mentega uleni lagi sampai terbentuk adonan yang licin dan lembut.2. Diamkan adonan selama 45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan dan potong-potong kecil, bulatkan.3. Fermentasikan kembali selama 30 menit. Kempeskan lagi dan adonan siap dibentuk sesuai jenis roti.
4. bentuk roti sesuai selera, lalu tata roti yang telah dibentuk ke dalam double pan dan panggang dengan api yang keciiiiiiiiiiiiiiiil banget sampai matang. untuk memastikan matang merata sebaiknya di bolak balik juga rotinya. tadi aku panggang total sekitar 10 menit untuk kedua sisi. setelah matang, angkat dan sajikan.

membentuk roti sosis
1. ambil adonan, pipihkan menggunakan tangan, oles sedikit sausnya, lalu tata sosis dan jepitkan kedua sisi kanan kiri adonan. jepit2 dengan jari dan pastikan tidak mudah lepas.

aku gak tau cara ini berfungsi juga untuk roti ukuran besar atau tidak, tapi lebih baik untuk roti yg besar di panggang di oven aja ya, takut gak bisa matang, secara volume adonan lebih banyak takut bawahnya sudah gosong tapi atasnya belum matang. kalo ukuran roti kecil dan roti tipis seperti pizza boleh panggang pakai double pan ini bisa matang merata. selamat mencoba dan selamat berkreasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar