jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Rabu, 22 Januari 2014

PIE SUSU

kalo liat pie susu ini, jadi ingat pertama kali tau pie susu ini dari teman yang abis pulang dari bali. dia bilang ini cemilan oleh-oleh khas bali. karna merasa kurang hahaha makanya mau coba bikin sendiri, maklum dia bawain cuma 5 biji. hmmm lupa kali kalo temennya ini makan sedikit gak cukup. hahaha


dulu sih belom pernah kepikiran mau bikin sendiri kue ini. wong belom bisa-bisa banget bikin kue. sekarang, berani lah coba eksekusi pie ini, hehehe. semenjak gabung di grup NCC hasrat baking menggebu-gebu banget. secara setiap hari adaaaa aja yg posting hasil karyanya yang super duper amaziiiiiiing. aku bilang amazing karna banyak banget resep-resep yang di posting disana yang belum pernah aku coba. nah yang paling sering di omongin itu si pie susu ini. jadi tambah penasaran gimana cara buatnya. akhirnya coba cari-cari resepnya, dibaca-baca ulalaaa kayaknya simple. mumpung ada waktu, coba deh buat. crust pienya aku pakai resep ku sendiri  yang biasa buat bikin pie. yang diadaptasi dari Dulce Delight cuma bahan-bahannya udah aku sesuaikan dengan bahan-bahan lokal. rasanya dijamin renyah, kokoh dan gak melempem. kalo isinya aku adaptasi dari blognya mbak Ricke ordinary kitchen cuma aku pake setengah resep dan tepung custardnya aku ganti pakai tepung maizena. aku pakai cetakan pie ukuran diameter 5 cm, pas banget gak tinggi gak pendek jadi pie susunya gak terlalu basah. rasanya? hmmmm jangan ditanya, aku pasti jawabnya enyaaaaak. crust yang garing kriuk-kriuk dipadu dengan rasa susu yang manis legit klop bangeeeeet, apalagi kalo dimakan dlm keadaan dingin. eemmmmm. coba sendiri deeeeeh. akhirnya bisa juga bikin pie ini, bisa makan sepuasnyaaa. tapi pie ku masih belum sempurna gak tau kenapa ada gelembung2 udara diatasnya jadi permukaannya gak bisa mulus banget hiks hiks. next time coba lagi sampe muluuuuus.


PIE SUSU

bahan-bahan
Crust:
500gr terigu serbaguna
250gr unsalted butter (lebih baik dlm keadaan dingin)
2 butir telur ayam
sejumput garam
1/2 sdt vanili

isi:
1. 1 kaleng susu kental manis
2. 1/2 kaleng air (pakai kaleng bekas susunya)
3. 3 butir kuning telur
4. 3 sdm tepung maizena
5. 1/2 sdt vanila

cara:

1. campur terigu dan mentega, aduk2 dengan garpu hanya sampai berbutir-butir. jangan ditekan2 atau diuleni. nanti adonan malah jadi keras. teknik ini yang membuat kulit pie renyah dan gak gampang rapuh.
2. ditempat terpisah, kocok lepas telur dan air sampai rata saja, lalu campurkan ke adonan kering tadi. aduk-aduk dengan spatula sampai menggumpal. ingat jangan di uleni.
3. bungkus adonan dengan plastik, simpan dalam kulkas minimal 1 jam.
4. selagi menunggu adonan crust istirahat, buat adonan isi dengan mencampur semua bahan, aduk rata, lalu saring.
5. keluarkan adonan crust, cetak dalam cetakan pie yg sebelumnya telah dioles mentega/minyak sayur. lakukan sampai habis.
6. isi adonan filling sampai 3/4 cetakan.
7. panggang di oven dengan suhu 160'c selama 45 menit atau sampai matang.
8. keluarkan dan dinginkan. sajikan.

selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar