jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Kamis, 16 Januari 2014

es krim goreeeeng

yihaaaaa~ ini bener-bener eksperimen ku yg  paling eksperimen, nekat aja coba es krim di goreng, was was banget bakalan pecah dan meleleh eskrimnya eeeeeh ternyata taraaaaaa~
ini dia hasil pertama ku, foto ini uudah lamaaaaa tersimpan rapih di file eksperimen ku dan baru sekarang di posting (yaiyalah wong baru punya blog, hahaha) semua disini serba pertama karna memang aku baru-baru ini menseriusi hobi baking, semua karena doyan makan dan ketagihan dgn beberapa makanan yang pikir ku "aaaah ini sih bisa di buat sendiri". berbekal intip-intip dan menebak-nebak komposisi jajanan eskrim goreng di salah satu bakulan dekat rumah aku jajal aja buat sendiri. ternyata cuma gitu doang *sombong* hahahaha 
agak tricky aja sih buatnya, kata adek ku eskrim goreng ku lebih enaaaak, yaiyalah wong gratis dan bisa makan banyak, gimana gak enak. ;) 
bikinnya gampang banget, gak pake repot soalnya aku pakai es krim instan vanila merk H**n hahaha yang ku tambah jus mangga dan potongan buah mangga karna memang lagi banyaaak banget mangga dan bingung mau di apain selain di pudding. akhirnya jadi lah es krim vanila mangga. panas adem gimanaaa gitu, plus manis, segar buah mangganya itu nyuuus banget bikin nambah lagi lagi lagi, kebayang kan kalo setiap hari harus jajan eskrim goreng, tekor nih kantong mahasiswa. 
gak usah panjang lebar, ini dia resepnya untuk 5 buah.

ES KRIM GORENG
yunita widiyani

bahan-bahan:
1 kotak es krim (bisa pakai eskrim apa saja)

10 lembar roti tawar, di kupas pinggirnya
5 sdm tepung terigu
3 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk (biar wangiiii)
air secukupnya

tepung panir/tepung roti yg kasar

cara membuat:
1. ambil selembar roti tawar, lalu sendokkan es krim ke atas roti.
2. bungkus es krim dgn roti sampai berbentuk bulat dan pastikan tidak bocor.
3. bungkus lagi bulatan roti pertama dengan roti tawar lainnya, jadi es krimnya terbungkus 2 roti atau dobel. lalu bungkus dengan almunium foil atau plastik.
4. diamkan dalam freezer selama 1 jam.
5. sambil nunggu es beku, siapkan bahan-bahan pelapisnya, campur semua bahan jadi satu kecuali tepung panir. adonan harus kental, jangan terlalu encer.
6. siapkan tepung panir dlm wadah terpisah, keluarkan es krim dari freezer, buka bungkusan alumunium foilnya lalu gulingkan dalam adonan pelapis lalu ke tepung panir. bungkus lagi dgn alumunium foil, masukan freezer lagi minimal 5 jam, lebh bagus jika semalaman agar es benar-benar beku dan tidak mudah meleleh.
7. siapkan minyak goreng untuk menggoreng pastikan benar-benar panas, goreng es krim dlm minyak panas sebentar saja hanya beberapa detik sampai bagian luar es krim berwarna coklat langsung angkat. tiriskan. dan es krim goreng siap di sajikan. 

kunci sukses membuat es tidak meleleh ini ada di pelapisan roti dan teknik menggorengnya, es krim harus benar-benar beku agar saat di goreng bagian panas minyak hanya menggoreng lapisan luarnya saja dan bagian dalamnya masih terasa dingin. lebih enak di sajikan hangat dan dengan saus stroberi yg dibuat dari selai stroberi yg dicairkan. yummy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar