jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Kamis, 16 Januari 2014

Blueberry Churros

churros, masih asing kah mendengar kata churros? memang nama ini belum familiar untuk orang Indonesia, churros adalah nama snack tradisional bangsa spanyol yang terbuat dari, tepung terigu, mentega, gula, telur dan air. tapi sepertinya makanan ini sudah mulai hadir di Indonesia, di Jakarta sendiri sudah banyak terlihat gerai-gerai snack churros ini di mol-mol terkemuka, tapi masih dijual dengan harga selangiiiiiiit~

disajikan dengan saus blueberry jadi tambah enyaaak

hadeeeeh emang dasar anak ekonomi yang menganut banget prinsip ekonomi, dari pada ngeluarin uang cuma buat beli sebungkus churros mendingan bikin sendiri dapet banyak bisa makan sepuasnya sampe mendem. hahaha. jalan-jalan ke google akhirnya ketemu resep ini di blog-nya mbak Ricke Just My Ordinary Kitchen. cuma resep yang aku share kali ini sudah sedikit aku modifikasi dengan menambahkan rasa Blueberry. aku sudah dua kali buat churros ini, yang pertama yang original dan makannya pakai selai coklat rasanya nyuuuuuuus enyaaaak luarnya garing, dalamnya masih lembut. sempat khawatir ini kue belum matang apa emang teksturnya begini, cari-cari info teryata memang teksturnya seperti ini, mirip-mirip kue sus yang berkolaborasi sama donat *apa sih. tengok ke kulkas ternyata aku punya banyak selai blueberry, bingung mau dibuat apa, yasudah aku campurin aja di buat churros. enak juga ternyata, rasa manis dari selai blueberry-nya bikin nagiiiiiiiiiiiiih~ ini resepnya:



BLUEBERRY CHURROS
yunita widiyani

bahan:
50 gr mentega (aku pakai salted butter, rasa gurihnya bikin makin enaaaak)
2 sdm gula pasir
250 ml air
150 gr tepung terigu
1/2 sdt vanili
1 butir telur ayam
2 sdm selai blueberry
minyak untuk menggoreng

churros yg belum digoreng masih terlihat warna ungunya, begitu di goreng berubah jadi coklat.

cara membuat:
1. masak air bersama mentega, gula, dan selai blueberry sampai mentega dan gula larut.
2. kecilkan api, masukkan tepung terigu dan aduk dgn cepat sampai kalis dan adonan tidak menempel di wadah. angkat, diamkan sampai hangat.
3. setelah adonan hangat, masukan telur dan aduk samapi rata, bentuk adonan akhir akan lengket tapi tidak terlalu lembek dan masih bisa di spuit. (menurut blognya mbak Ricke kalo masih susah di spuit tambahkan 1 telur lagi aduk sampai rata)
4. masukan adonan ke dalam piping bag, lalu gunting ujungnya. dan masukan ke dalam piping bag yang telah di beri spuit bintang ukuran besar
5. semprotkan adonan berbentuk memanjang ke atas loyang yg sebelumnya telah dilapisi tepung terigu agar tidak lengket. lakukan sampai habis dan simpan dalam freezer sebelum di goreng agar saat di goreng hasilnya tetap memanjang cantik. (churros asli langsung menyemprotkan adonan ke dalam minyak panas dan langsung di goreng, cara ini bisa juga dilakukan tapi bentuk churrosnya bisa jadi akan melingkar-lingkar) angkat, tiriskan dan sajikan hangat bersama selai blueberry.

iseng bikin bentuk I Love U hihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar