jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Sabtu, 15 Februari 2014

EGGLESS BROWNIES (TANPA TELUR)

yeeeeeeeay..... ini sueneng banget eksperimen beneran judulnya, browniesnya gak pakai telur, gak pakai mixer, gak pakai kukusan, gak pakai oven, gak pakai loyang *loh hihihi
iya ini brownies tersimpel yang pernah aku buat, tinggal campur2 aduk2 panggang pakai double pan, jadi deh. memang agak tricky dalam pembuatan brownies ini. salah salah bisa bantet, alias gagal. 



rasanya gak terlalu beda sama brownies yg pakai telur, sama2 nyoklat, sama2 kering, sama2 enak, sama2 cepat habis hahaha. aku bikin kue ini buat nemenin sahabatku yang mau sidang skripsi, bikinin yg nyoklat2 biar gak stress. tapi ternyata telur dirumah benar2 abis, dan gak sempat beli. akhirnya nekatlah buat brownies gak pakai telur. hampir mirip2 sama eggless cake cuma ini pakai dark cooking chocolate yang bikin nyoklat banget dan walaupun kering jadi gak seret. karna lupa ngolesin margarin ke loyang dan buru2 makanya browniesnya di panggang pakai double pan aja lah biar cepet dan gak ribet. pokoknya ini benar2 super duper kilat deh bikinnya. ini resep untuk 1 loyang double pan. 

EGGLESS BROWNIES
yunita widiyani

bahan2:
250 ml susu cair yang di hangatkan sebentaaaar aja
1 sdt air jeruk nipis
80 ml minyak sayur
125 gr tepung terigu
100 gr Dark cooking chocolate
150 gr gula bubuk
50gr coklat bubuk
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1 sdt vanili bubuk
kacang tanah sangrai untuk taburan (bisa pakai apa aja, kebetulan yang ada dirumah cuma ada kacang tanah, sangrai, tumbuk, ditabur diatas adonannya deh)

cara membuat:
1. campur susu dan air jeruk nipis, aduk rata. diamkan dan sisihkan sampai adonan menggumpal. (pengganti buttermilk)
2. lelehkan coklat dengan cara di tim, lalu masukan minyak sayur. aduk.
3. ditempat lain, campur semua bahan2 kering, lalu masukan campuran coklat dan susu, aduk, cukup sampai rata dan pelan2, jangan overmix ini yang seringkali membuat kue jadi bantat dan bahkan menjadi seperti dodol. 
4. panaskan double pan, masukan adonan didalamnya, dan taburkan kacang diatasnya. tutup double pan, panggang dengan api kecil. 5 menit pertama jangan di buka tutupnya. setelah 5 menit baru bisa di buka dan cek apakah adonan mengembang atau tidak, jangan lupa di cek apinya jangan sampai terlalu besar, nanti gosong. aku gak perhatikan waktunya percis cuma kira2 10 menit brownies ku sudah matang, angkat potong2 dan sajikan. 

karna gak sabaran dan keburu2, aku pakai api sedang dan akhirnya tengahnya ada yang gosong. hiks hiks hiks tapi masih bisa di akali, bagian yang gosong aku kerik hihihi. dan saat proses pemanggangan double pannya gak aku bolak balik, cuma di satu sisi aja bisa matang merata kok. selamat mencoba dan good luck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar