jcc

jcc
jcc di la tarta

jcc

jcc
jcc di la tarta

Sabtu, 08 Februari 2014

CHEESE BITTERBALLEN


siapa sangka camilan asal negeri kincir angin ini ternyata mudah dibuatnya, gorengannya orang belanda ini dari bentuknya sekilas seperti kroket, tapi ternyata bahan baku utamanya itu tepung terigu dan daging cincang yang dibuat seperti ragout. tambah mantap lagi karna aku tambahin keju di adonan dan isinya. dan makannya di cuaca hujan seperti ini hangat2 di cocol campuran saus sambal dan mayonnaise beeeeeh enyaaaaaak... aslinya camilan ini disajikan dengan saus mustard tapi dimakan gitu aja tanpa saus juga enaak. 
tekstur camilan ini emang aku bilang mirip perkedel atau kroket cuma bedanya bitterballen ini luarnya garing dalamnya lembuuut creamy nagiiih.. apalagi gigitan kejunya emmm kayaknya kalau pakai mozarella tambah enak deh biar bisa lumeeer dimulut. next time harus coba pakai mozarella nih. 
camilan ini gampang kok dibuatnya, ayok dibuat sendiri.... ini resepnya..

CHEESE BITTERBALLEN
(yunita widiyani)

bahan-bahan:
1. 50gr margarin
2. 75gr tepung terigu
3. 1/2 siung bawang bombay
4. 150gr kornet sapi (sesuai selera bisa ayam cincang, sosis, smoke beef, sayuran juga bisa)
5. 125ml susu cair
6. keju parut secukupnya sesuai selera
7. garam, gula, lada, pala secukupnya sesuai selera
8. 1 butir telur ayam, kocok lepas sebagai pelapis
9. tepung roti secukupnya sebagai pelapis
10. minyak goreng untuk menggoreng.
11. untuk isian, keju cheddar potong kotak2 sesuai selera.

cara membuat:
1. cincang bawang bombay, lalu panaskan margarin dan tumis bawang bombay sampai layu dan harum.
2. masukan tepung terigu, aduk aduk dan masukan susu cair sedikit2 lalu aduk terus sampai rata dan kental. kecilkan api sambil terus diaduk lalu masukan keju parutnya aduk lagi.
3. masukan kornet sapi, aduk rata lalu masukan garam, gula, lada, pala aduk sampai tercampur rata. sisihkan dan tunggu dingin.
4. ambil adonan dengan sendok, pipihkan lalu tata potongan keju ditengahnya. lalu bulatkan. besar kecilnya sesuai selera, kalo aku cuma sebesar bakso lah. lakukan sampai adonan habis.
5. kemudian celupkan bulatan adonan ke kocokan telur lalu gulingkan di tepung roti lakukan 2x sampai rata, biar saat digoreng adonan tidak pecah.
 6. goreng dalam minyak panas dan banyak samapi terendam, goreng sampai kecoklatan dan matang. jangan sering2 dibolak balik biar gak hancur saat di goreng. angkat, sajikan dengan saus sambal atau mayonnaise atau mustard. hasil jadi 18 buah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar